Saputra, Fajar Dwi (2023) HUBUNGAN BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND LOYALTY PADA PELANGGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) BAKPIA PATHOK 25. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (40kB)
BAB I.pdf
Download (177kB)
BAB V.pdf
Download (50kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (190kB)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.docx
Download (57kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara brand
awareness dan brand image terhadap brand loyalty pada pelanggan usaha mikro,
kecil, menengah (UMKM) Bakpia Pathok 25. Hipotesis yang diajukan adalah
terdapat hubungan positif antara brand awareness terhadap brand loyalty pada
pelanggan pelanggan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) Bakpia Pathok 25,
terdapat hubungan positif antara brand image terhadap brand loyalty pada
pelanggan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) Bakpia Pathok 25, dan adalah
terdapat hubungan positif antara brand awareness dan brand image terhadap
brand loyalty pada pelanggan pelanggan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM)
Bakpia Pathok 25. Subjek penelitian ini berjumlah 105 pelanggan Bakpia Pathok
25. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Brand Loyalty, Skala Brand
Awareness dan Skala Brand Image. Teknik analisis yang digunakan untuk uji
hipotesis adalah Analisis Korelasi Ganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh
korelasi antara brand awareness dengan brand loyalty adalah r = 0,635 dan p <
0,00. Hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif
antara brand awarenes dengan brand loyalty pada pelanggan usaha mikro, kecil,
menengah (UMKM) Bakpia Pathok 25. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis
diperoleh korelasi antara brand image dengan brand loyalty adalah r = 0,471
dengan p < 0,00. Hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa terdapat
hubungan positif antara brand image dengan brand loyalty pada pelanggan usaha
mikro, kecil, menengah (UMKM) Bakpia Pathok 25. Dan selanjutnya nilai
signifikansi untuk hubungan atau korelasi antara brand awareness dan brand
image terhadap brand loyalty adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung
35,503 > F tabel 3,08, sehingga dapat disimpulkan hipotesis ketiga diterima, yang
berarti terdapat hubungan atau korelasi antara brand awareness dan brand image
secara simultan terhadap brand loyalty. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini
menunjukkan koefisien determinasi R square sebesar 0,410, hal ini mengandung
arti bahwa variabel (brand awareness dan brand image) secara simultan terhadap
variabel tergantung (brand loyalty) adalah sebesar 41,0 % dan sisanya 59,0 %
dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Loyalty, Brand Awareness, dan Brand Image. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 03:46 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 03:46 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17980 |