Cyberbullying Netizen Pada Akun Media Sosial Instagram @farhatabbasofficial (Analisis Deskriptif Kualitatif Praktik Cyberbullying Netizen pada Instagram @farhatabbasofficial terkait Konten Perseteruan Keluarga Vanessa Angel)

Manalu, Siska Mahdalena Cyberbullying Netizen Pada Akun Media Sosial Instagram @farhatabbasofficial (Analisis Deskriptif Kualitatif Praktik Cyberbullying Netizen pada Instagram @farhatabbasofficial terkait Konten Perseteruan Keluarga Vanessa Angel). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI SISKA(fix).docx

Download (27kB)

Abstract

Kemajuan teknologi mempengaruhi aspek komunikasi seperti adanya kemajuan penggunaan media sosial di Indonesia dengan mengandalkan kekuatan jaringan dan perangkat elektronik. Media sosial Instagram dapat digunakan dalam berbagai kepentingan yang bertujuan postitif seperti penyebaran informasi dan pengetahuan umum. Namun dampak negative dari sosial media Instagram adalah cyberbullying. Cyberbullying adalah tindakan menghina, merendahkan, mengejek dan mengintimidasi seseorang. Penelitian ini membahas bagaimana bentuk cyberbullying pada akun Instagram @farhatabbasofficial. Tujuan penelitan adalah mengetahui bagaimana bentuk praktik cyberbullying terkait konten perseteruan keluarga Vanessa Angel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berarti menjelaskan fenomena dari melihat kata dan kalimat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Farhat Abbas sebagai publik figure yang bergabung dengan dunia politik yang sering tampil di media tv dan media sosial karena opini kontroversi. Pada penelitian ini netizen tidak setuju dengan caption Farhat Abbas mengenai perseteruan keluarga Vanessa angel dengan begitu dianggap terlalu ikut dalam masalah maka komentar netizen sebagai cyberbullying di kolom komentar Farhat Abbas. Komentar cyberbullying yang terdapat adalah flaming, online harassment, denigration dan outing.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Media sosial Instagram, Cyberbullying, Netizen.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:58
Last Modified: 27 Feb 2023 02:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18039

Actions (login required)

View Item
View Item