HUBUNGAN ANTARA FEAR OF MISSING OUT DENGAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA REMAJA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Ardiana, Ervina Nour (2023) HUBUNGAN ANTARA FEAR OF MISSING OUT DENGAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA REMAJA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (45kB)

Abstract

Kecanduan media sosial adalah perilaku ketika seseorang menghabiskan
sebagian besar waktunya, dimana perilaku tersebut dapat menyebabkan
peningkatan toleransi terhadap penggunaan media sosial, keterlibatan yang lebih
intens dalam komunikasi virtual, dan mengalami masalah pribadi terkait dengan
penggunaan media sosial tersebut. Fear of Missing Out adalah kekhawatiran
tentang melewatkan momen berharga yang dialami oleh individu atau kelompok
lain yang tidak dapat individu saksikan secara langsung. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui tentang hubungan antara Fear of Missing Out dengan kecanduan
media sosial pada remaja pengguna media sosial Instagram. Hipotesis yang
diajukan terdapat hubungan positif antara Fear of Missing Out dan kecanduan
media sosial pada remaja pengguna media sosial Instagram. Subjek penelitian
melibatkan remaja akhir berusia 18-21 tahun (n =161) Pengumpulan data dilakukan
menggunakan skala kecanduan media sosial dan skala Fear of Missing Out. Metode
analisis menggunakan correlation product moment dari Pearson. Hasil analisis
didapatkan (rxy)= 0,641 (p<0,05). Hal ini menunjukan bahwa hubungan antara
Fear of Missing Out dan kecanduan media sosial memiliki korelasi positif.
Ditemukan koefisien determinasi yang disimbolkan dengan R² sebesar 0,411 hal ini
membuktikan bahwa variabel Fear of Missing Out dapat memberikan pengaruh
sebesar 41,1 % pada variabel kecanduan media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fear of Missing Out, Sosial Media, Kecanduan, Remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 18 Dec 2024 06:28
Last Modified: 18 Dec 2024 06:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18281

Actions (login required)

View Item
View Item