Bangun, Sri Adelina Br (2023) KECERDASAN EMOSI DAN PROBLEM FOCUSED COPING PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRACT.pdf
Download (4MB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB V.pdf
Download (4MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (4MB)
SKRIPSI FULL TEXT_SRI ADELINA_18081611.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Naskah Publikasi.docx
Download (66kB)
Abstract
Skripsi merupakan karya ilmiah yang wajib dikerjakan oleh seorang mahasiswa
strata satu pada suatu lembaga perguruan tinggi sebagai salah satu syarat untuk
memperoleh gelar sarjana. Selama proses penyusunan skripsi, mahasiswa
dihadapkan pada masalah-masalah yang dapat menghambat proses penyelesaian
skripsi. Adapun dua faktor yang menghambat proses penyelesaian skripsi yaitu
faktor internal, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu dan faktor
eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri individu. Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk menguji hubungan antara kecerdasan emosi dengan problem
focused coping pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Hipotesis dalam
penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan
problem focused coping pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Subjek
dalam penelitian ini berjumlah 160 orang dengan karakteriktik subjek yaitu
berstatus mahasiswa aktif pada suatu Universitas atau Perguruan Tinggi, sedang
menyusun skripsi, berusia 18-25 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan
Skala Kecerdasan Emosi dan Skala Problem Focused Coping. Teknik analisis data
menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh koefisien korelasi rxy 0,697 (p<0,010) yang berarti ada hubungan positif
antara kecerdasan emosi dengan problem focused coping. Maka dari itu, hipotesis
yang diajukan dalam penelitian ini diterima, bahwa terdapat hubungan positif antara
kecerdasan emosi dengan problem focused coping pada mahasiswa yang sedang
menyusun skripsi. Diterimanya hipotesis ini menunjukkan nilai koefisien
determinasi (R2) 0,742 yang berarti sumbangan efektif kecerdasan emosi dengan
problem focused coping adalah 74.2%. Kecerdasan emosi memberikan sumbangan
yang efektif sebesar 74.2%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosi, problem focused coping, mahasiswa yang sedang menyusun skripsi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 03:16 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 03:16 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18571 |