PENGALAMAN FLOW PADA PENGHOBI VIDEO GAME

Kepakisan, I Putu Gede Ngurah Belawa (2022) PENGALAMAN FLOW PADA PENGHOBI VIDEO GAME. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
17081175_I Putu Gede Ngurah Belawa Kepakisan_Skripsi Full Text (Recovered).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_17081175_I Putu Gede Ngurah Belawa Kepakisan .doc

Download (88kB)

Abstract

Flow merupakan sebuah kondisi yang optimal yang membuat seseorang menjadi terhisap dan tenggelam dalam aktivitas yang dilakukannya.Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengalaman flow pada penghobi video game. Metode yang digunakan penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang ketiga partisipan tersebut masing-masingnya adalah seorang penghobi video game. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima tema yaitu (1) Awal mula menjadi penghobi video game, (2) Pikiran penghobi video game bermain video game, (3) Perasaan penghobi video game bermain video game, (4) Skill dan tantangan dalam bermain video game, (5) Dampak positif dan negatif menjadi penghobi video game. Masing-masing tema tersebut mempengaruhi bagaimana pengalaman flow pada penghobi video game yang menyebabkan penghobi video game mengalami flow. Adapun makna flow pada penghobi video game adalah, adanya perasaan pencapaian yang memberikan kepuasan pada diri penghobi video game. Perasaan kepuasan tersebut menjadikan video game sebagai hobi yang bermakna dan membantu memenuhi kebutuhan dari penghobi video game.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Flow, Penghobi Video Game
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 23 Dec 2024 03:38
Last Modified: 23 Dec 2024 03:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18667

Actions (login required)

View Item
View Item