HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN COMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA

Sasmitaningrum, Rika (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN COMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Skripsi Full Text_Rika Sasmitaningrum_190810360.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Rika Sasmitaningrum_190810360.docx

Download (46kB)

Abstract

Belakangan ini perilaku berbelanja kian menjadi tren di kalangan mahasiswa.
Alasan tujuan utama mereka adalah demi tampak berpenampilan gengsi dan status
tinggi tanpa mempertimbangkan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Hubungan Self-Esteem dengan Compulsive Buying pada Mahasiswa.
Hipotesis yang di harapkan adalah terdapat hubungan negatif antara self-esteem
dengan compulsive buying. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 125 mahasiswa
aktif Universitas Mercu Buana Yogyakarta, yang terdiri dari 24 orang laki-laki
(19%) dan 101 orang perempuan (81%). Metode pengambilan data pada penelitian
ini menggunakan Skala Compulsive Buying dan Skala Self-Esteem. Teknik analisis
data menggunakan Teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis
yang di peroleh koefisien korelasi (rxy) = -0,285 dengan nilai signifikansi (p) =
0,001 (p < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
negatif antara self-esteem dengan compulsive buying pada mahasiswa. Hal ini
menunjukkan bahwa semakin tinggi compulsive buying pada mahasiswa maka
semakin rendah self-esteem yang di miliki mahasiswa, begitu pula sebaliknya
apabila semakin rendah compulsive buying pada mahasiswa maka semakin tinggi
self-esteem yang di miliki mahasiswa. Dari hasil perhitungan nilai koefisien
determinasi (R2) di ketahui bahwa kontribusi self-esteem terhadap compulsive
buying pada mahasiwa sebesar 8,15 % dari keseluruhan variabel pada compulsive
buying. Dan sisanya 91,86 % di pengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Compulsive Buying, Mahasiswa, Self-Esteem
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:57
Last Modified: 23 Dec 2024 07:57
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18692

Actions (login required)

View Item
View Item