PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Prakosa, Jodhi (2023) PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB l.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh positif antara kecanduan game online terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Subjek Penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir adalah mahasiswa tingkat akhir dengan kriteria usia 18 tahun sampai 24 tahun dengan jumlah 100 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan alat ukur berupa skala prokrastinasi akademik dan skala kecanduan game online. Kedua Skala ini menggunakan model skala likert yang terdiri dari 4 alternatif jawaban. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, diperoleh hasil yang menunjukkan koefisien korelasi (rxy) = 0,656 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01) dengan demikian dapat disimpulkan adanya pengaruh yang positif antara kecanduan game online terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Selanjutnya untuk koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,430 yang menunjukkan bahwa variabel Kecanduan Game Online memiliki kontribusi 43% terhadap Prokrastinasi Akademik dan sisanya 57% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecanduan game online, prokrastinasi akademik, mahasiswa tingkat akhir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 01:38
Last Modified: 07 Jan 2025 01:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18765

Actions (login required)

View Item
View Item