Aziza, Maghfira Nur (2023) HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL CAPITAL DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM TIRTA GEMILANG KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
![[thumbnail of ABSTRAK]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (107kB)
![[thumbnail of BAB SATU]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of BAB LIMA]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V_dst.pdf
Download (100kB)
![[thumbnail of DAFTRA PUSTAKA]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (173kB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
![[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NASKAH PUBLIKASI.doc
Restricted to Repository staff only
Download (162kB) | Request a copy
Abstract
Upaya perwujudan kepuasan terhadap pelanggan adalah tujuan utama yang harus dicapai dalam penyelenggaraan aktivitas pelayanan publik. Sumber daya manusia adalah faktor memiliki peran yang sangat penting dalam tercapainya tujuan organisasi, keberhasilan suatu organisasi dapat dilihat dari salah satu indikator yang nampak yaitu organizational citizenship behavior. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara psychological capital dengan organizational citizenship behavior pada karyawan; 2) hubungan antara perceived organizational support dengan organizational citizenship behavior pada karyawan; 3) hubungan antara psychological capital dan perceived organizational support dengan organizational citizenship behavior pada karyawan. Subjek penelitian ini berjumlah 62 orang karyawan. Metode untuk pengumpulan data penelitian adalah menggunakan metode skala, yaitu menggunakan skala modifikasi OCBS (Organizational Citizenship Behavior Scale), PCQ-24 (Psychological Capital Questionnaire) dan SPOS (Survey Perceived Organizational Support). Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan positif yang signifikan antara psychological capital dengan organizational citizenship behavior pada karyawan, dengan nilai korelasi positif sebesar 0,486 dan nilai p sebesar 0,000 (p<0,01); 2) ada hubungan positif yang signifikan antara perceived organizational support dengan organizational citizenship behavior pada karyawan, dengan nilai korelasi positif sebesar 0,590 dan nilai p sebesar 0,000 (p<0,01) ); 3) ada hubungan positif yang signifikan antara psychological capital dan perceived organizational support dengan organizational citizenship behavior pada karyawan, dengan nilai korelasi positif sebesar 0,642 dan nilai p sebesar 0,000 (p<0,01).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Organizational citizenship behavior, perceived organizational support, psychological capital dan karyawan. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 04:23 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 04:23 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18913 |