ANALISIS PENGELOLAAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI ANIMASI STUDIO – PT JIWA MUDA CIPTA INDONESIA DI YOGYAKARTA

Yogyasworo, Haryagung Nugroho (2023) ANALISIS PENGELOLAAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI ANIMASI STUDIO – PT JIWA MUDA CIPTA INDONESIA DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
2. BAB I.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
6. BAB V.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
9. SKRIPSI FULTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI (HARYAGUNG NUGROHO YOGYASWORO - 200710157).docx
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memuat peran dan fungsi Public Relations (PR) dalam menjalankan tugas dalam bidang marketing sebuah perusahaan layanan digital, yaitu Animasi Studio. Sesuai yang dikutip Cutlip dalam bukunya Effective Public Relations, peran PR di lapangan banyak yang bekerja di bidang marketing, salah satunya adalah menangani pengelolaan hubungan dengan pelanggan. Dewasa ini, pengelolaan hubungan dengan pelanggan lebih akrab dikenal sebagai Customer Relationship Management (CRM). Di dalam pengelolaan CRM, telah tersusun rangkaian alurnya seperti yang disebutkan oleh Buttle, yakni analisis, pengembangan sumber daya dan penerapan. Ketiga tahapan CRM tersebut menjadi penting untuk diteliti guna mengoptimalkan CRM pada Animasi Studio. Untuk menguraikan hal tersebut lebih mendalam, penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini di merupakan hasil dari observasi, dokumentasi dan wawancara dengan Marketing dan CEO selama menjalankan penelitian di Animasi Studio. Peneliti menemukan bahwa analisis yang mencakup portofolio dan keintiman pelanggan telah dijalankan dengan landasan yang kuat dan diimplementasikan dengan cukup baik. Begitupun dengan pengembangan sumber daya yang telah dirancang oleh CEO untuk mengembangkan jaringan dan menambah proposisi nilai telah berjalan sistematis sesuai prosedur. Adapun terkait dengan penerapan CRM di Animasi Studio meskipun sudah cukup baik, akan tetapi masih perlu dikembangkan lagi dari segi prosesnya untuk semakin menyempurnakan CRM di dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CRM, hubungan pelanggan, animasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 04:00
Last Modified: 07 Jan 2025 04:00
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19318

Actions (login required)

View Item
View Item