Rohidah, Azzah (2023) ANALISIS FRAMING PESAN DALAM IKLAN GOJEK “JANGAN SEPELEKAN KEKUATAN DARI SEBUAH JEMPOL”. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (129kB)
BAB I.pdf
Download (244kB)
BAB V.pdf
Download (199kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (66kB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (38kB) | Request a copy
Abstract
Komunikasi ialah bagian penting dalam kehidupan manusia dan tidak dapat dipisahkan darinya, salah satunya yaitu digunakan dalam kegiatan pemasaran. Dalam komunikasi pemasaran terdapat kombinasi metode yang digunakan dalam memasarkan produk, disebut dengan bauran komunikasi pemasaran atau marketing communication mix. Salah satu bagian dari bauran komunikasi pemasaran yaitu iklan, iklan adalah salah satu sarana perusahaan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dimilikinya kepada masyarakat. Iklan memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk mempersuasi, membangun brand image dan juga sebagai brand recall. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan mengemas iklan serta membingkai pesan dengan menarik dan unik dalam iklan, agar menjadi pembeda dari iklan lainnya dan menghindari iklan dilewati begitu saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Gojek memframing pesan yang disampaikan kepada masyarakat melalui iklan “Jangan Sepelekan Kekuatan dari Sebuah Jempol”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penyajian deskriptif, penelitian dilakukan dengan menganalisis iklan menggunakan analisis framing model Pan dan Kosicki. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi di bidang periklanan dalam membuat strategi periklanan kreatif. Hasil dari analisis ditemukan bahwa framing pesan yang digunakan dalam iklan ini yaitu pesan moral, yang meliputi moral terhadap diri sendiri, pesan moral terhadap sesama dan juga pesan moral terhadap lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklan Gojek, Framing, Komunikasi |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 07:27 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 07:27 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19418 |