ANALISIS FRAMING PESAN DALAM IKLAN GOJEK “JANGAN SEPELEKAN KEKUATAN DARI SEBUAH JEMPOL”

Rohidah, Azzah (2023) ANALISIS FRAMING PESAN DALAM IKLAN GOJEK “JANGAN SEPELEKAN KEKUATAN DARI SEBUAH JEMPOL”. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi ialah bagian penting dalam kehidupan manusia dan tidak dapat dipisahkan darinya, salah satunya yaitu digunakan dalam kegiatan pemasaran. Dalam komunikasi pemasaran terdapat kombinasi metode yang digunakan dalam memasarkan produk, disebut dengan bauran komunikasi pemasaran atau marketing communication mix. Salah satu bagian dari bauran komunikasi pemasaran yaitu iklan, iklan adalah salah satu sarana perusahaan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dimilikinya kepada masyarakat. Iklan memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk mempersuasi, membangun brand image dan juga sebagai brand recall. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan mengemas iklan serta membingkai pesan dengan menarik dan unik dalam iklan, agar menjadi pembeda dari iklan lainnya dan menghindari iklan dilewati begitu saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Gojek memframing pesan yang disampaikan kepada masyarakat melalui iklan “Jangan Sepelekan Kekuatan dari Sebuah Jempol”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penyajian deskriptif, penelitian dilakukan dengan menganalisis iklan menggunakan analisis framing model Pan dan Kosicki. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi di bidang periklanan dalam membuat strategi periklanan kreatif. Hasil dari analisis ditemukan bahwa framing pesan yang digunakan dalam iklan ini yaitu pesan moral, yang meliputi moral terhadap diri sendiri, pesan moral terhadap sesama dan juga pesan moral terhadap lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Iklan Gojek, Framing, Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 07:27
Last Modified: 07 Jan 2025 07:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19418

Actions (login required)

View Item
View Item