Widisantosa, Karuniawan (2016) STRATEGI PEMASARAN DESA WISATA SEMBUNGAN DENGAN ANALISIS SWOT (Studi pada Desa Sembungan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
abstrak.docx
Download (13kB)
STRATEGI PEMASARAN DESA WISATA SEMBUNGAN DENGAN ANALISIS SWO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (517kB)
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran
yang tepat untuk memasarkan potensi pariwisata di Desa Sembungan. Penelitian
ini bertujuan untuk menentukan strategi yang tepat untuk memasarkan pariwisata
yang ada di Desa Sembungan Dieng Wonosobo dari hasil analisis SWOT.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik
pengumpulan data diperoleh dengan cara Focus Group Discussion (FGD) dan
memberikan kuesioner kepada kelompok sadar wisata. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik judgment sampling yaituxiv
salah satu jenis purposive sampling selain quota sampling dimana peneliti
memilih sampel berdasarkan penilaian terhadap karakteristik anggota sampel yang
disesuaikan dengan maksud penelitian. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis SWOT.
Analisis SWOT didasarkan pada logika yang memaksimalkan kekuatan
dan peluang, namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan
ancaman sehingga dapat diketahui alternatif strategi yang tepat. Berdasar hasil
perhitungan Internal Strategy Factor Analysis Summary (IFAS) dan Eksternal
Strategy Factor Analysis Summary (EFAS) koordinat posisi bisnis Desa
Sembungan terletak pada titik 2,93 untuk faktor internal dan 2,67 untuk faktor
eksternal sehingga dapat ditentukan posisi bisnis Desa Sembungan berada pada
sel 1 yang merupakan sel agresif. Hal ini berarti Desa Sembungan memiliki
kekuatan dari lingkungan internal dan terdapat peluang dari lingkungan eksternal
sehingga alternatif strategi yang tepat untuk Desa Sembungan adalah strategi SO
(strength – opportunity) yaitu dengan meraih peluang dengan menggunakan
kekuatan yang dimiliki.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pemasaran, SWOT |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 02:18 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 02:18 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19664 |