Aisyiyah, Unun (2016) PENGARUH LABEL HALAL, TEMPAT, RASA DAN MEREK DAGANG TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BAKPIA PATHUK DI PUSAT INDUSTRI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
abstrak unun.docx
Download (18kB)
skripsi unun.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Bakpia merupakan salah satu makanan yang dicari wisatawan Yogyakarta. Daerah
pathuk terdapat berbagai merek yang disajikan. Semakin banyaknya produsen dan
semakin ketatnya persaingan bisnis, sehingga memaksa para produsen untuk
menciptakan keunggulan tersendiri yaitu dengan memasang label halal pada
kemasan. Label halal sebagai salah satu usaha dalam meyakinkan dan menarik
konsumen untuk membeli produknya khususnya masyarakat muslim. Penelitian ini
dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 150 responden yang merupakan
konsumen dari 5 merk produk bakpia yang berbeda, yaitu Bakpia Pathuk 25, Bakpia
Pathuk 543, Bakpia Pathuk 75, Bakpia Anda dan Bakpia Djava. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui pengaruh label halal terhadap rasa, tempat dan merek dagang
dalam memutuskan pembelian. Metode yang digunakan dalam analisa data
menggunakan SPSS untuk uji validitas dan reliabilitas, serta metode deskriptif
kualitatif kemudia dilakukan uji skoring. Berdasarkan hasil analisis dari pengolahan
data tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa label halal pada kemasan
produk bakpia tidak terlalu mempengaruhi keputusan pembelian melainkan atribut
rasa yang paling berpengaruh, sedangkan atribut lain yang mempengaruhi
keputusan pembelian yaitu adanya masa kadaluarsa pada kemasan produk
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bakpia, halal, keputusan pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 01:29 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 01:29 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19999 |