PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN WARUNG BAKSO “IDOLAKU”

Atmoko, Bayu Dwi (2016) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN WARUNG BAKSO “IDOLAKU”. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Warung bakso “Idolaku” cabang Taman Siswa Yogyakarta mengalami
penurunan laba. Penurunan tersebut diakibatkan oleh naiknya bahan baku produk
misalnya daging sapi dan tulang rusuk sapi. Untuk mempertahankan laba
perusahaan, manajer menusun kebijakan kenaikan harga sehingga diduga akan
berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Oleh karena itu perlu dilakukan
analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas warung bakso dan mi ayam
“Idolaku”.
Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Penggunaan sampel
dilakukan dengan teknik purposive sampling.Langkah penulisan meliputi
penyusunan kuesioner, uji validitas dan reliabilitas kuesioner, pengolahan data
dan analisis data. Data yang diperoleh diuji kuantitatif meliputi uji asumsi klasik,
analisis regresi berganda,pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis
koefisien determinasi (R2).
Hasil persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 0,086 + 0,208 X1 + 0,003
X2 + 0,250 X3 + 0,298 X4dari persamaan menunjukkan bauran pemasaran
berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen.Hasil Uji t menunjukkan bahwa
tempat, produk dan promosipaling berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas
sedangkan variabel harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas. Uji
F menunjukkan bauran pemasaran 4P berpengaruh secara simultan terhadap
loyalitas dari nilai Fhitungsebesar 16,556. Hasil determinasi R2tiap variabel bauran
pemasaran 4P berkontribusi terhadap loyalitas konsumen untukproduk
26,8%,tempat 26,8%, promosi 21,5% dan harga 12,2%. Bauran pemasaran secara
keseluruhanberkontribusi terhadap loyalitas sebesar 44,1% sedangkan sisanya
55,9% dipengaruhi oleh variabel lain tidak tercantum pada penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: warung makan, bauran pemasaran, loyalitas konsumen
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 31 Oct 2024 03:16
Last Modified: 31 Oct 2024 03:16
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20012

Actions (login required)

View Item
View Item