PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SMA NEGERI 1 SEYEGAN

Hidayati, Nur (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SMA NEGERI 1 SEYEGAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
abstrak 10141004.docx

Download (16kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
SKRIPSI NUR HIDAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika.
Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah statistika.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment menggunakan
pretest-postest control goup design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah
model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT).Variabel
terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika dan variabel
kontrolnya adalah kemampuan awal matematika. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Seyegan tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri
dari 7 kelas dengan jumlah 224 siswa.Sampel penelitian terdiri dari kelas X MIIA
1 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan X MIIA 2 dengan jumlah
31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan
antara lain pretest, postest, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran.
Teknik analisis data menggunkan uji anova satu jalur, uji independent t-test dan
anova dua jalur dengan sebelumnya melakukan uji normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) model pembelajaran Teams Games
Tournament berpengaruh meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa dengan tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara siswa
berkemampuan awal matematika (tinggi, sedang, dan rendah) berdasarkan nilai
signifikansi yang diperoleh dengan uji One Way Anova sebesar 0,157. 2) model
pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh lebih baik dalam
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dibandingkan model
pembelajaran konvensional, berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh dengan
uji Independent Samples T-Test sebesar 0,032. 3) tidak terdapat interaksi yang
signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika dalam
pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, berdasarkan nilai
signifikansi yang diperoleh dengan uji Two Way Anova sebesar 0,456.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), kemampuan pemecahan masalah matematika, kemampuan awal matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:37
Last Modified: 31 Oct 2024 07:37
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20089

Actions (login required)

View Item
View Item