PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 GODEAN SEMESTER II

LESTARI, YUNI PUJI (2015) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 GODEAN SEMESTER II. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.doc

Download (26kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
daftar isi-digabungkan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Model
Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dan Number Head Together (NHT)
Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar
Pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 GODEAN Semester II. Penelitian ini adalah
penelitian eksprerimen semu dengan pre-postest non equivalent control group
design.
Pembelajaran matematika pada kelas VIII C menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas VIII D menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa terhadap matematika. Untuk
menguji keefektifan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe
TGT dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang ditinjau dari hasil belajar
siswa dalam matematika, digunakan analisis one sample t-tes. Perbandingan
Keefektifan model pembelajaran TGT dan model pembelajaran NHT pada
pembelajaran yang ditinjau dari hasil belajar siswa dalam matematika, data
dianalisis dengan menggunakan uji T2 hotteling. Uji-t univariat digunakan untuk
menentukan pendekatan yang lebih efektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT
dan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau
hasil belajar siswa dalam matematika. Terdapat perbedaan keefektifan secara
signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran matematika materi pokok
bangun ruang sisi datar ditinjau dari hasil belajar siswa dalam matematika. Hasil
uji lanjut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih
efektif dilihat dari hasil belajar matermatika siswa dibandingkan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : hasil belajar siswa, model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT), model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT).
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 01 Nov 2024 04:23
Last Modified: 01 Nov 2024 04:23
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20189

Actions (login required)

View Item
View Item