Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak Dalam Mencegah Ketergantungan Bermain Gadget Di Desa Maguwo Banguntapan Bantul

Rachmawati, Annisa Nur (2023) Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak Dalam Mencegah Ketergantungan Bermain Gadget Di Desa Maguwo Banguntapan Bantul. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (97kB)

Abstract

Dalam penelitian ini membahas tentang komunikasi interpersonal orangtua dengan anak dalam mencegah ketergantungan bermain gadget di Desa Maguwo Banguntapan Bantul. Desa Maguwo Banguntapan sendiri pernah terdapat kasus akibat penggunaan gadget yang berlebihan di tahun 2018 dan 2021. Penelitian ini berfokus pada komunikasi interpersonal dari orangtua dengan anak dalam mencegah ketergantungan bermain gadget. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memakai teknik analisis miles dan huberman. Pada penelitian ini menggunakan teori konsep Joseph De Vito, yang memfokuskan kepada komunikasi interpersonal yakni keterbukaan, empati, responsif, sikap positif dan sikap mendukung. Subjek pada penelitian ini adalah orangtua dari anak yang ketergantungan gadget dan anak yang ketergantungan gadget. Objek penelitian dalam penelitian ini di Desa Maguwo Banguntapan Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterbukaan yakni ketersediaan waktu orangtua & anak, komunikasi sebagai bentuk pemahaman. Empati yakni memahami perasaan anak, mendengarkan secara aktif, menunjukkan simpati & dukungan, mengakui & menghormati kebutuhan anak, menyediakan lingkungan keluarga yang mendukung. Adapun responsif yaitu komunikasi otoriter, dan sikap positif yakni membangun komunikasi terbuka, menghormati & menghargai, membatasi penggunaan gadget, dan mengungkap rasa terimakasih. Dan sikap mendukung yakni mendukung hal positif, membantu mengatur waktu & menciptakan rutinitas, serta memberi pengetahuan bahaya penggunaan gadget. Kendala yang dihadapi dari orangtua dalam mencegah anak ketergantungan bermain gadget terletak pada mood anak.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Keterbukaan, Empati, Responsif, Sikap Positif, Sikap Mendukung, Ketergantungan Gadget.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:40
Last Modified: 04 Aug 2023 02:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20214

Actions (login required)

View Item
View Item