Strategi Brand Awareness Sunyi Coffee (Café Difabel) Melalui Media Sosial Instagram @Sunyicoffee

M. Ilham, Yusma (2023) Strategi Brand Awareness Sunyi Coffee (Café Difabel) Melalui Media Sosial Instagram @Sunyicoffee. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana Strategi Brand Awareness Sunyi Coffee dalam
mengenalkan brand mereka melalui Instagram. Sunyi Coffee merupakan sebuah coffee
shop yang memiliki konsep sendiri yang berbeda. Mempekerjakan orang-orang dengan
disabilitas agar mereka bisa memperjuangkan hidup dan kesetaraannya. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi brand awareness akun Instagram
@sunyicoffee dalam memperkenalkan brand Sunyi Coffee. Peneliti menggunakan studi
deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara,
dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah owner dari
Sunyi Coffee dan pelanggan pengunjung Sunyi Coffee. Objek penelitian ini adalah media
sosial Instagram Sunyi Coffee. Teknik Analisa data pada penelitian menggunakan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan Sunyi Coffee menggunakan strategi pada beberapa tingkatan kesadaran
merek brand awareness. Pada tahap Unaware of brand, Sunyi Coffee mulai melakukan
strategi dengan menggunakan endorse dari influencer agar produk dan brand bisa
menjangkau target yang luas. Pada tahap Brand Recognition Sunyi Coffee melakukan
unggahan konten secara intens dan membangun kedekatan agar brand bisa lebih dikenali
dengan aktif membagikan konten seperti promo-promo hardselling, quiz interaktif,
testimoni dari pelanggan melalui Instastories. Pada tahap Brand Recall Sunyi Coffee
melakukan unggahan dengan intens kembali dan secara berulang-ulang agar posisi brand
Sunyi Coffee mulai bisa dikenal dan diingat. Dilakukan dengan cara melakukan unggahan
aktifitas-aktifitas apa saja yang bisa dilakukan di Sunyi sehingga pelanggan menerima
Experience dan Excitement. Pada tahapan top of mind, Sunyi memanfaatka User Generated
Content melalui orang-orang yang memiliki pengikut dan pengaruh yang besar bagi
audiensnya. Citra yang positif dan nama besar seseorang, dinilai mampu untuk
mengembangkan sebuah brand yang ingin dikenalkan. Daya sebar brand Sunyi juga
menjadi luas untuk menjangkau pelanggan atau konsumen.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Strategi Brand Awareness, Sunyi Coffee, Media Sosial, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:13
Last Modified: 03 Aug 2023 01:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20263

Actions (login required)

View Item
View Item