AFIFAH, ANNISA NURUL (2014) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP IKLAN ROKOK DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
COVER-digabungkan.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (258kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi
terhadap iklan rokok dengan perilaku merokok pada remaja. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara persepsi terhadap
iklan rokok dengan perilaku merokok pada remaja. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa SMK N Sedayu Bantul sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan skala, yaitu skala perilaku merokok dan skala
persepsi terhadap iklan rokok. Analisis data menggunakan korelasi product
moment dari Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan positif
yang signifikan antara persepsi terhadap iklan rokok dengan perilaku merokok
pada remaja, yaitu r = 0,626 p<0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis
yang diajukan diterima yang berarti bahwa jika persepsi terhadap iklan rokok
positif maka perilaku merokok pada remaja cenderung tinggi, sebaliknya jika
persepsi terhadap iklan rokok negative maka perilaku merokok pada remaja akan
cenderung rendah. Sumbangan efektif persepsi iklan rokok terhadap perilaku
merokok sebesar 39,2% artinya masih terdapat beberapa faktor lain yang dapat
mempengaruhi meningkatnya perilaku merokok pada remaja sebesar 60,8%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : persepsi terhadap iklan rokok, perilaku merokok |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 08:29 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 08:29 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20337 |