HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KOMPETENSI GURU SEJARAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SEJARAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2011/2012 DI SMA N 1 GALUR KULON PROGO

MARIMAN, MARIMAN (2013) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KOMPETENSI GURU SEJARAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SEJARAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2011/2012 DI SMA N 1 GALUR KULON PROGO. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
01 - SAMPUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Untuk mengetahui hubungan persepsi
terhadap kompetensi guru dengan prestasi belajar pelajaran Sejarah pada siswa
Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012 Di SMA N 1 Galur Kulon
Progo; (2) Untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal guru dengan
prestasi belajar pelajaran Sejarah pada siswa Kelas X Semester Gasal Tahun
Ajaran 2011/2012 Di SMA N 1 Galur Kulon Progo; dan (3) Untuk mengetahui
hubungan persepsi terhadap kompetensi guru dan komunikasi interpersonal guru
dengan prestasi belajar pelajaran Sejarah pada siswa Kelas X Semester Gasal
Tahun Ajaran 2011/2012 Di SMA N 1 Galur Kulon Progo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian penelitian kuantitatif.
Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi terhadap kompetensi guru,
komunikasi interpersonal guru dan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012 Di SMA
N 1 Galur Kulon Progo yang berjumlah 134 siswa. Sampel yang diambil dalam
penelitian yakni sebanyak 50% yaitu 67 siswa menggunakan teknik random
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala persepsi terhadap
kompetensi guru, skala persepsi terhadap komunikasi interpersonal guru serta
nilai ulangan tengah siswa untuk mengukur prestasi belajar siswa. Analisis data
yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi
linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas dapat disimpulkan
bahwa: (1) Ada hubungan positif persepsi terhadap kompetensi guru dengan
prestasi belajar pelajaran Sejarah pada siswa Kelas X Semester Gasal Tahun
Ajaran 2011/2012 di SMA N 1 Galur Kulon Progo, (2) Ada hubungan positif
persepsi terhadap komunikasi interpersonal guru dengan prestasi belajar
pelajaran Sejarah pada siswa Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012 di
SMA N 1 Galur Kulon Progo, (3) Ada hubungan persepsi terhadap kompetensi
guru dan persepsi terhadap komunikasi interpersonal guru dengan prestasi
belajar pelajaran Sejarah pada siswa Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran
2011/2012 di SMA N 1 Galur Kulon Progo, dan (4) Sumbangan efektif persepsi
terhadap kompetensi guru dan komunikasi interpersonal guru secara bersama
sama terhadap prestasi belajar siswa dalam pelajaran Sejarah sebesar 28,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: persepsi terhadap kompetensi guru, komunikasi interpersonal guru, prestasi belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:32
Last Modified: 05 Nov 2024 02:32
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20367

Actions (login required)

View Item
View Item