Studi Deskriptif Kualitatif Praktik Cyberbullying Pada Vtuber Reimu Endou

Carolina, Vionny (2023) Studi Deskriptif Kualitatif Praktik Cyberbullying Pada Vtuber Reimu Endou. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_VIONNY CAROLINA_200720133.doc

Download (72kB)

Abstract

Virtual YouTuber berperan sebagai penghibur daring yang menggunakan avatar yang dibuat oleh komputer; biasanya terinspirasi oleh anime. Reimu Endou adalah salah satu VTuber di bawah naungan NIJISANJI EN, begitupula Vox Akuma. Pada tanggal 29 Mei 2022 sampai 31 Mei 2022, Reimu Endou menjadi sasaran kebencian dari beberapa penggemar Vox Akuma karena konten ASMR-nya yang berjudul “【RP ASMR】i'll be your boyfriend ♡”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Praktik cyberbullying yang terjadi pada VTuber Reimu Endou dalam penelitian ini difokuskan pada media sosial Twitter, yang dimana beberapa penggemar Vox Akuma yang disebut sebagai Kindred, menyerang akun Reimu Endou dengan empat dari tujuh aspek-aspek cyberbullying yang dikemukakan oleh Willard yaitu flaming, harassment, denigration, dan exclusion. VTuber Reimu Endou mendapatkan banyak pesan kebencian dari fans VTuber Vox Akuma akibat kesalahpahaman yang dimana dapat terjadi karena sebuah ‘konten’ yang dimana dapat terjadi karena adanya unsur kesengajaan. Tetapi, hal tersebut berakibat fatal karena adanya missininterpretasi yang mana para Kindred pikir mengganggu kencan mereka dengan VTuber Vox Akuma.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Cyberbullying, VTuber, Penggemar, Fanatik.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:28
Last Modified: 01 Aug 2023 04:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20428

Actions (login required)

View Item
View Item