Representasi Perjuangan Perempuan Dalam Film 3 Srikandi (Analisis Wacana Tentang Representasi Perjuangan Perempuan Dalam Film 3 Srikandi)

Tambunan, Shanta Moyra (2023) Representasi Perjuangan Perempuan Dalam Film 3 Srikandi (Analisis Wacana Tentang Representasi Perjuangan Perempuan Dalam Film 3 Srikandi). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (379kB)

Abstract

Perempuan sering dianggap lemah dibandingkan laki-laki. Struktur sosial juga menggambarkan perempuan sebagai orang yang mengurus rumah, mengurus anak dan mengurus suami. Tak jarang juga kehidupan perempuan dipenuhi dengan aturan, syarat, ditentukan masa depannya oleh orang tua, bahkan sampai ditentukan harus menikah dengan siapa. Akibat masalah tersebut, mulai banyak gerakan untuk mendukung perempuan yang sering disebut feminisme. Dunia perfilman juga sering mengangkat kisah perempuan yang melawan realitas sosial akan perempuan yang lemah dan sering mendapat ketidakadilan. Salah satu film tentang perjuangan perempuan adalah film 3 Srikandi. Peneliti akan meneliti film 3 Srikandi yang diangkat dari kisah nyata Olimpiade panahan di Seoul pada tahun 1989. Ide penelitian ini untuk mengetahui representasi perjuangan perempuan dalam film 3 Srikandi. Bentuk perjuangan yang peneliti dapatkan adalah perjuangan meraih impian, perjuangan meraih cinta dan perjuangan meraih kemenangan dalam bentuk cinta tanah air. Penelitian ini dibatasi pada analisis tokoh utama perempuan yang ada dalam film 3 Srikandi. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari observasi (dengan cara menonton film) dan dokumentasi berupa tangkapan layar dari beberapa adegan yang akan diteliti. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus analisis wacana.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: representasi, perjuangan perempuan, film
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:04
Last Modified: 07 Aug 2023 06:04
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20436

Actions (login required)

View Item
View Item