Pengaruh atribut produk keripik belut CV.Citra Rasa terhadap tingkat kepuasan konsumen

Winata, Hendra (2014) Pengaruh atribut produk keripik belut CV.Citra Rasa terhadap tingkat kepuasan konsumen. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
intisari.docx

Download (19kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
skripsi jadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk yaitu harga, rasa, kerenyahan, kemasan dan kemudahan memperoleh terhadap tingkat kepuasan konsumen serta atribut yang paling berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen CV. Citra Rasa. Sasaran penelitian adalah konsumen produk perusahaan CV. Citra Rasa yang berada di wilayah Godean, Yogyakarta. Variabel bebas yang digunakan yaitu harga, rasa, kerenyahan, kemasan dan kemudahan dalam memperoleh. Sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan konsumen. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif dan kuantitatif yang meliputi Karakteristik responden, uji crosstabs, uji Chi-square, dan hubungan korelasi antara kedua variabel. Menggunakan software SPSS versi 16,0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen produk perusahaan CV. Citra Rasa adalah berusia dewasa dengan umur 25-35 tahun, memiliki status yaitu sudah menikah, pendidikan terakhir yaitu tamat SMA kebawah dengan tingkat pendapatan yaitu Rp. 1.500.000 – Rp. 3.000.000.
Atribut harga, rasa, kerenyahan dan kemudahan dalam memperoleh memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen keripik belut. Diantara kelima faktor variabel bebas, kemudahan dalam memperoleh memiliki nilai korelasi yang paling tinggi, yaitu sebesar 0,445 dibandingkan keempat faktor lainnya, yaitu harga sebesar 0,226, rasa sebesar 0,312, kerenyahan sebesar 0,243 dan kemasan sebesar 0,087. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi penentuan kepuasan konsumen keripik belut kemudahan dalam memperoleh sangat mempengaruhi keputusan pembelian dalam ruang lingkup kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Atribut Produk, Harga, Rasa, Kerenyahan, Kemasan, Kepuasan konsumen, Keripik Belut.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:42
Last Modified: 05 Nov 2024 06:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20460

Actions (login required)

View Item
View Item