KOMUNIKASI KRISIS PUBLIC RELATION NIJISANJI EN PADA CITRA PERUSAHAAN (ANALISIS ISI PADA AKUN YOUTUBE NIJISANJI EN DALAM MENGHADAPI KASUS PEMECATAN VTUBER SELEN TATSUKI)

Devi, Deva Mauliayana (2024) KOMUNIKASI KRISIS PUBLIC RELATION NIJISANJI EN PADA CITRA PERUSAHAAN (ANALISIS ISI PADA AKUN YOUTUBE NIJISANJI EN DALAM MENGHADAPI KASUS PEMECATAN VTUBER SELEN TATSUKI). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi Deva Mauliayana Devi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy

Abstract

Krisis adalah fenomena yang tidak bisa diprediksi, dan bisa muncul dari masalah internal perusahaan, seperti kasus pemecatan Selen oleh Nijisanji, yang berada di bawah naungan Anycolor Inc. Pemecatan ini memicu reaksi beragam dari komunitas penggemar, mulai dari dukungan untuk Selen hingga kritik terhadap kebijakan manajemen Nijisanji. Perselisihan internal antara Selen dan Nijisanji menjadi penyebab utama pemecatan ini. Dalam mengkaji permasalahan dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Dalam metode analisis isi kualitatif penulis dapat lebih fleksibel dan memungkinkan penulis dalam pengumpulan data terkait kasus yang dikaji. Dengan menggunakan analisis isi dan Situational Crisis Communication Theory, penulis bertujuan untuk mempelajari bagaimana perusahaan Nijisanji EN dalam merespon krisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa krisis yang dialami oleh Nijisanji EN termasuk kedalam jenis Preventable Crisis. Kesimpulan yang didapat berisikan ketidakmampuan manajemen dalam mengontrol respon komunikasi krisis yang dilakukan Nijisanji menyebabkan perusahaan menderita kerugian yang besar akibat serangkaian krisis yang krusial dan sulit untuk diatasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Krisis, Nijisanji, Analisis isi, SCCT
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:29
Last Modified: 24 Dec 2024 03:29
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20506

Actions (login required)

View Item
View Item