Implementasi Konsep Csr Super Dazzle Gejayan Terhadap Umkm Di Yogyakarta Periode 2022

Setyapratama, Dimas Christian (2023) Implementasi Konsep Csr Super Dazzle Gejayan Terhadap Umkm Di Yogyakarta Periode 2022. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Publikasi.docx

Download (45kB)

Abstract

Tanggung jawab sosial dari perusahaan terhadap masyarakat telah diatur oleh pemerintah melalui UU Nomor 40 tahun 2007 mengenai perseroan terbatas. Banyak perusahaan dari skala nasional hingga daerah telah menjalankan program CSR. Di kota Yogyakarta sendiri terdapat banyak perusahaan yang telah menjalankan program CSR, salah satunya adalah Super Dazzle Gejayan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program CSR Super Dazzle Gejayan terhadap UMKM. Dilakukan penelitian dengan metode kualitatif. Data primer yang dipergunakan diantaranya obeservasi, wawancara hingga dokumentasi. Wawancara dengan subjek lain juga dipergunakan untuk data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program CSR oleh Super Dazzle Gejayan dapat dilihat dari pemenuhan unsur program CSR berdasarkan piramida CSR oleh Archie B. Carroll. Selain dari pemenuhan unsur tersebut, dapat ditemukan hasil berupa dimensi CSR, hambatan dan permasalahan hingga evaluasi program CSR. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, Implementasi CSR yang dihasilkan berupa hubungan mutualisme antara perusahaan dengan stakeholder dengan peningkatan laba dari kedua belah pihak.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: CSR, Implementasi, Stakeholder
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:52
Last Modified: 03 Aug 2023 03:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20545

Actions (login required)

View Item
View Item