Komunikasi Kepemimpinan Dalam Upaya Penguatan Karakteristik Kader Di Organisasi Pmkri Cabang Yogyakarta Periode Tahun 2022/2023

Hasnu, Marselinus Celin (2023) Komunikasi Kepemimpinan Dalam Upaya Penguatan Karakteristik Kader Di Organisasi Pmkri Cabang Yogyakarta Periode Tahun 2022/2023. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_MARSELINUS CERLIN HASNU..docx

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik komunikasi kepemimpinan yang digunakan oleh ketua presidium PMKRI Yogyakarta selama periode kepengurusan 2022/2023 dan dampaknya terhadap penguatan karakteristik kader organisasi. Penelitian ini melibatkan studi kasus pada PMKRI Yogyakarta dengan fokus pada komunikasi kepemimpinan yang efektif dalam meningkatkan kualitas kader organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Responden penelitian terdiri dari ketua presidium dan anggota kader PMKRI Yogyakarta yang aktif selama periode kepengurusan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketua presidium PMKRI Yogyakarta periode kepengurusan 2022/2023 menggunakan berbagai praktik komunikasi kepemimpinan yang efektif. Praktik-praktik tersebut meliputi komunikasi terbuka dan transparan, penggunaan bahasa yang inklusif, mendengarkan secara aktif, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan memberikan arahan yang jelas kepada kader organisasi.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Karakteristik Kader, Organisasi, PMKRI Yogyakarta.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:38
Last Modified: 03 Aug 2023 06:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20611

Actions (login required)

View Item
View Item