ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN RUMAH MAKAN AYAM GEPREK MBOK MORO CABANG AMBARBINANGUN

YUNIATI, ERNI (2015) ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN RUMAH MAKAN AYAM GEPREK MBOK MORO CABANG AMBARBINANGUN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
ERNI YUNIATI 13032055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Persaingan antar rumah makan semakin ketat. Kepuasan konsumen
sangat penting untuk kelanjutan suatu usaha. Salah satu industri rumah makan
adalah Ayam Geprek Mbok Moro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa
pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap kepuasan konsumen Rumah
Makan Ayam Geprek Mbok Moro cabang Ambarbinangun, mengetahui tingkat
kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan layanan yang diberikan oleh
Ayam Geprek Mbok Moro berdasarkan nilai Customer Service Index (CSI) serta
memberikan alternatif strategi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas
produk dan layanan berdasarkan hasil Importance and Performance Analysis.
Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling dengan menyebar
100 kuesioner kepada konsumen. Kuesioner diuji validitas dan reliabilitasnya.
Penelitian ini menggunakan metode Importance and Perfomance Analysis untuk
menentukan tingkat kepentingan konsumen dan prioritas perbaikan atribut
kualitas produk dan layanan. Analisa tingkat kepuasan konsumen dengan
menggunakan Customer Satisfaction Index.
Berdasarkan hasil penelitian dengan metode Importance and Performance
Analysis diketahui bahwa atribut dimensi kualitas produk dan layanan yang
sesuai dengan harapan konsumen adalah atribut-atribut yang masuk dalam
kuadran II. Berdasarkan nilai indeks kepuasan konsumen untuk kualitas produk
sebesar 0,824 sedangkan nilai indeks kepuasan konsumen untuk kualitas
layanan sebesar 0,819, hal ini berarti konsumen Rumah Makan Ayam Geprek
Mbok Moro merasa sangat puas terhadap kinerja yang diberikan pihak rumah
makan. Alternatif strategi baru yaitu menjaga kebersihan (makanan, minuman,
tempat dan karyawan) dan melatih karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk dan Layanan, Ayam Geprek Mbok Moro
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:28
Last Modified: 06 Nov 2024 04:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20617

Actions (login required)

View Item
View Item