ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN BATIK BETENG YOGYAKARTA

Prambudhi, Heryawan (2015) ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN BATIK BETENG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
abstract.docx

Download (169kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
skripsi sampul s.d abstract-digabungkan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah bauran promosi yang
terdiri dari periklanan,promosi penjualan, dan publisitas yang diterapkan Batik
Beteng Yogyakarta berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap volume
penjualan baik secara parsial maupun simultan. Selain itu, penelitian ini juga
bertujuan untuk menguji variabel dari bauran promosi manakah yang paling
berpengaruh terhadap volume penjualan Batik Beteng Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan di Batik Beteng Yogyakarta. Pengambilan data
dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi berganda, uji-F, dan uji-t.
Analisis regresi berganda bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh variable
bauran promosi terhadap peningkatan volume penjualan. Uji-F digunakan untuk
mengetahui apakah variabel bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh
yang bermakna terhadap variabel terikat. Sedangkan uji-t dilakukan untuk
mengetahui apakah masing-masing variabel bebas memiliki pengaruh secara
positif dan signifikan terhadap volume penjualan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas (bauran promosi)
yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, dan publisitas secara
bersama-sama tidak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
variabel terikat yaitu volume penjualan.Hasil uji-t menunjukkan bahwa aspek
promosi, periklanan, dan publisitas secara parsial tidak memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Oleh karena itu, tidak dapat
9
disimpulkan bahwa salah satu dari ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh
yang lebih dominan terhadap volume penjualan Batik Beteng Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 06 Nov 2024 07:05
Last Modified: 06 Nov 2024 07:05
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20645

Actions (login required)

View Item
View Item