ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN VARIABEL BAURAN PEMASARAN DI PT. BANDENG JUWANA SEMARANG

Monadisa, Fastia Wulandari (2015) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN VARIABEL BAURAN PEMASARAN DI PT. BANDENG JUWANA SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Intisari dan Abstract.docx

Download (23kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
Skripsi Fastia Wulandari Monadisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT. Bandeng Juwana merupakan sebuah industri yang bergerak di
bidang pengolahan pangan. Produk utama yang dihasilkan PT. Bandeng Juwana
adalah bandeng duri lunak. Semakin pesatnya industri bandeng di Semarang
mendorong tiap industri untuk dapat bersaing di pasaran agar usahanya dapat
bertahan dan memenangkan persaingan. Salah satu cara efektif yang dapat
dilakukan yaitu dengan mengetahui kepuasan konsumen melalui produk dan
pelayanannya. Oleh sebab itu dibutuhkan seperangkat alat dalam pemasaran
dan memuat banyak variabel yang disebut bauran pemasaran.
Tujuan penelitian ini yaitu 1)untuk mengetahui pengaruh antara variabel
bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen di PT. Bandeng Juwana, 2)
untuk mengetahui variabel mana yang memiliki pengaruh dominan terhadap
kepuasan konsumen di PT. Bandeng Juwana. Pengambilan data yaitu dengan
cara menyebarkan kuisioner kepada 100 responden. Pengujian data dalam
penelitian ini yaitu menggunakan analisa chi square. Pengujian dilakukan untuk
melihat hubungan antara variabel bebas yaitu bauran pemasaran terhadap
variabel terikat yaitu kepuasan konsumen.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu variabel dalam bauran
pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, orang, bukti fisik, proses
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, namun variabel tempat tidak
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Variabel produk berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen. Variabel harga, variabel proses, variabel promosi,
variabel orang (tingkat pelayanan karyawan) dan variabel bukti fisik memilliki
pengaruh yang dominan terhadap kepuasan konsumen karena hasilnya sangat
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel
tempat tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Bauran pemasaran, kepuasan konsumen, bandeng duri lunak
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:39
Last Modified: 07 Nov 2024 02:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20691

Actions (login required)

View Item
View Item