HUBUNGAN KEPRIBADIAN BIG FIVE DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA PENGGUNA SHOPEE

Widiawati, Lia (2024) HUBUNGAN KEPRIBADIAN BIG FIVE DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA PENGGUNA SHOPEE. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT-17081870_Lia widiawati_23f...pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi shopee merupakan salah satu marketplace yang banyak digunakan di indonesia. Mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta merupakan bagian dari generasi muda yang aktif berbelanja melalui shopee. Shopee menawarkan berbagai kemudahan ketika berbelanja yang dapat menyebabkan pembelian online yang tidak terencana. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi impulsive buying. Kepribadian merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi impulsive buying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepribadian big five dengan impulsive buying pada mahasiswi universitas mercu buana yogyakarta pengguna shopee. Subjek berjumlah 120 mahasiswi perempuan fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Alat ukur yang digunakan yaitu The Big Five Personality (BFI) dari Oliver John (1999) yang telah diadaptasi oleh Ramdhani (2012) dan modifikasi skala impulsive buying dari Khairunnisa (2020). Teknik analisis yang digunakan yaitu rank spearmen correlation. Hasil penelitian menunjukkan dimensi kepribadian big five yang memiliki hubungan positif signifikan adalah: extravertion (p= 0,005), dan neuroticsm (p=0,039). Sedangkan dimensi agreeableness, conscientiousness, dan openness to experience tidak berkorelasi dengan impulsive buying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: impulsive buying, kepribadian big five, mahasiswi, pembelian online, shopee
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 08 Jan 2025 06:43
Last Modified: 08 Jan 2025 06:43
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20774

Actions (login required)

View Item
View Item