HUBUNGAN ANTARA ADIKSI GAME ONLINE DENGAN SIKAP APATIS MAHASISWA

Suwarjane, Ketut (2024) HUBUNGAN ANTARA ADIKSI GAME ONLINE DENGAN SIKAP APATIS MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT_Ketut Suwarjane_18081358_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI_Ketut Suwarjane_18081358.docx
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adiksi game online dengan sikap apatis mahasiswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara adiksi game online dengan sikap apatis. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 60 mahasiswa yang bermain game online (usia 18 - 25 tahun). Pengambilan subjek dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengambilan data penelitian ini dengan menggunakan dua skala, yaitu Skala Adiksi Game Online dan Skala Sikap Apatis. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,624 dengan p = 0,000 (p < 0,005) yang berarti ada hubungan positif antara adiksi game online dengan sikap apatis mahasiswa. Dengan demikian maka hipotesis yang telah diajukan dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Adiksi game online memberikan pengaruh sebesar 38,9% terhadap tinggi rendahnya sikap apatis mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ini masih ada 61,1% pengaruh dari faktor lain dimana faktor tersebut tidak menjadi fokus utama dalam penelitian ini diantaranya, faktor pengalaman pribadi, pengaruh individu lain yang dianggap penting, pengaruh kebudayaan, lembaga pendidikan yang tinggi, fisik, dan faktor emosional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: apatis, game online, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 08 Jan 2025 06:52
Last Modified: 08 Jan 2025 06:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20794

Actions (login required)

View Item
View Item