EVALUASI BAURAN PEMASARAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KERIPIK UBI KAYU UD WAHYU PENDAWA LESTARI MAGELANG

Albab, Ahmad Ulil (2016) EVALUASI BAURAN PEMASARAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KERIPIK UBI KAYU UD WAHYU PENDAWA LESTARI MAGELANG. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRACT.docx

Download (16kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
Ahmad Ulil Albab 15032012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

UD Wahyu Pendawa Lestari merupakan industri rumahan yang mengolah
ubi kayu menjadi keripik. Pada waktu tertentu proses produksi terpaksa harus
dihentikan karena ketersediaan produk dalam gudang masih banyak. Hal ini
disebabkan oleh permintaan dari konsumen yang masih kurang, yang
dimungkinkan karena konsumen kurang mesara puas terhadap produk dari UD
Wahyu Pendawa Lestari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurang
puasnya konsumen terhadap produk serta mengetahui variabel apa yang dapat
dikembangkan untuk meningkatkan kepuasan konsumen.
Untuk mengatahui tingkat kepuasan konsumen menggunakan kuesioner
yang menggambarkan pertanyaan mengenahi variabel bauran pemasaran 4P
(Product, price, place, dan promotion). Kuesioner sebelum digunakan, terlebih
dahulu diuji validitas dan reliabilitanya dengan penyebaran kuesioner sebanyak 30
kuesioner. Setelah kuesioner dinyatakan valid da reliabel, kuesioner akan
dilanjutkan untuk mengukur kepuasan konsumen dengan penyebaran sebanyak
100 kuesioner. 100 kuesioner yang terkumpul akan diuji menggunakan uji Chi
Square untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh.
Berdasarkan 30 kuesioner setelah diuji validitas dan reliabilitas diketahui
bahwa semua butir pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan 100
kuesioner yang tersebar didapatkan hasil bahwa responden merasa puas terhadap
variabel product, price serta place, dan tidak merasa puas terhadap variabel
promotion. Berdasarkan uji chi quare, variabel product, price, serta place
memiliki hubungan yang nyata terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel
promotion tidak memiliki hubungan yang nyata terhadap kepuasan konsumen..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bauran pemasaran, Kepuasan konsumen
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 08 Nov 2024 03:43
Last Modified: 08 Nov 2024 03:43
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20837

Actions (login required)

View Item
View Item