Deswantara, Muhammad Ramadhan (2024) PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PRODUK MATERNAL DISASTER PADA KONSUMEN MAHASISWA DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (11kB)
BAB I.pdf
Download (139kB)
BAB V_dst.pdf
Download (12kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (170kB)
NASKAH SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (28kB) | Request a copy
Abstract
Distro (Distribution Store) di Indonesia sekarang dapat tergolong amat bertumbuh dengan cepat di industry mode. Distro lebih mengedepankan inovasi dan kreativitas design yang umumnya tidak membuat produk dalam kuantitas yang banyak dimana hal tersebut yang membuat produk distro terkesan lebih ekslusif daripada barang dari pabrik dikarenakan barang distro tidak banyak digunakan orang/pasaran (Andayani, 2013). Termasuk merek Maternal Disaster yang dikenal dengan konsep unik kini menghadapi persaingan di industri pakaian retail seperti distro di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap minat beli produk Maternal Disaster pada konsumen Mahasiswa di Yogyakarta. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merek terhadap minat beli produk Maternal Disaster. Subjek penelitian ini berjumlah 100 orang dengan kriteria mahasiswa aktif yang sedang melakukan studi di Yogyakarta. Alat pengumpulan data menggunakan skala likert dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling jenis random sampling dengan menggunakan skala minat beli dan skala citra merek. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data diperoleh 1) Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005 dengan nilai t hitung yang diperoleh sebesar 12,121 > t tabel 1,987. Nilai F hitung yang diperoleh sebesar 146,908 dengan signifikansi 0,000 < 0,005. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh citra merek terhadap minat beli. 2) Nilai signifikansi product moment sebesar 0,000 < 0,005 dengan nilai pearson correlation sebesar 0,775. Hal tersebut dapat diartikan bahwa terdapat hubungan korelasi yang kuat antara citra merek dengan minat beli. 3) Berdasarkan nilai R Square diketahui 60% minat beli dipengaruhi citra merek. Sedangkan nilai koefisiensi regresi sebesar 0,542, yang dapat diartikan pengaruh yang diberikan adalah pengaruh positif. Hasil penelitian menunjukkan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, serta terdapat hubungan signifikan dan kuat antara citra merek dengan minat beli.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Distro, Citra Merek, Minat Beli |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 06:57 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 06:57 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20930 |