PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, FIRM SIZE, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE UNTUK MEMPREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN ( Studi Empiris pada Perusahaan Garmen dan Tekstil serta Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2010 – 2014 )

Tiffany, Dinda Ayu (2016) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, FIRM SIZE, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE UNTUK MEMPREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN ( Studi Empiris pada Perusahaan Garmen dan Tekstil serta Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2010 – 2014 ). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
SKRIPSI PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, FIRM SIZE, LIKU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel good corporate governance, firm size, likuiditas, dan leverage terhadap financial distress. Dimana good corporate governance pada penelitian ini terdiri dari jumlah dewan direksi, jumlah dewan komisaris, jumlah komite audit, frekuensi pertemuan komite audit. Untuk likuiditas menggunakan current ratio dan leverage menggunakan total debt to asset ratio.
Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi logistik. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan Garmen dan Tekstil serta Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2010-2014. Jumlah perusahaan yang dijadikan sampel penelitian ini adalah 10 perusahaan yang terdiri dari 4 perusahaan yang mengalami financial distress dan 6 perusahaan yang tidak mengalami financial distress dengan pengamatan 5 tahun. Berdasarkan metode purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel good corporate governance, firm size, likuiditas dan leverage tidak berpengaruh terhadap financial distress, sedangkan secara simultan variabel good corporate governance, firm size, likuiditas dan leverage berpengaruh terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: good corporate governance, firm size, likuiditas, leverage, financial distress, dan regresi logistik.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:28
Last Modified: 23 Aug 2023 07:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20946

Actions (login required)

View Item
View Item