PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK BUKU” (Studi Kasus Di CV.Pinus Book Publisher)

Ardila, Christina Rita (2016) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK BUKU” (Studi Kasus Di CV.Pinus Book Publisher). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Buku merupakan satu media penyampaian informasi dan pengetahuan, yang
berperan penting dalam pendidikan. Sebagaimana tertuang dalam pepatah "buku
adalah jendela dunia". Hal ini dapat di artikan bahwa buku salah satu jalan untuk
menentukan kemajuan dunia. Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menganilisis pengaruh bauran pemasaran baik secara parsial maupun
simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk buku di
perusahaan Pinus Book publisher, dengan 4P yaitu Product tangible, Product
intangible (layanan), Price, and Place dan untuk mengidentifikasi variabel mana
yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk
buku.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli di
kantor pinus book publisher dengan jumlah tidak terbatas. Berdasarkan
hasil perhitungan yang telah diperoleh, maka dapat diketahui jumlah sampel yang
akan diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode pengumpulan dataix
yang digunakan adalah quesioner dan di uji menggunakan uji instrumen validitas
dan reliabilitas. Metode analisi data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji
agresi linier berganda, uji T, uji F, dan analisis koefisien determinasi.
Hasil analisis koefisien detrminasi menunjukan bahwa nilai R2 = 0,015
menjelaskan bahwa dengan demikian dapat dikatakan bahwa besarnya pengaruh
variabel produk, layanan, harga dan tempat terhadap keputusan pembelian
konsumen di perusahaan Pinus Book publisher adalah 1,5 % sedangkan
sisanya (98,5%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Maka pengaruh
variabel independent terhadap variabel dependent lemah
Berdasarkan hasil dari uji F bahwa nilai F adalah sebesar 1,378. Yang berarti
nilai F hitung < F tabel (1,378 < 2,70), maka Ho diterima. Dari hasil uji T juga
demikian karena Ho diterima, artinya ke empat variabel bebas dalam penelitian ini
yang terdiri dari variabel produk, layanan, harga, dan tempat secara parsial dan
simultan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen buku di Pinus Book Publisher.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:34
Last Modified: 24 Aug 2023 03:34
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21019

Actions (login required)

View Item
View Item