HUBUNGAN ANTARA KEBAHAGIAAN DENGAN SOMATISASI PADA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN

GUNTARI, DWI (2010) HUBUNGAN ANTARA KEBAHAGIAAN DENGAN SOMATISASI PADA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN. Naskah Publikasi Program Studi Psikolgi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.doc

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebahagiaan dengan somatisasi pada karyawan bagian pemasaran. Hipotesis yang diajukan oleh penulis adalah ada hubungan negatif antara kebahagiaan dengan somatisasi pada karyawan bagian pemasaran.
Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 orang karyawan bagian pemasaran PT. Arta Boga Cemerlang Cabang Purwokerto. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala somatisasi dan skala kebahagiaan. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Product Moment dari Karl Pearson.
Hasil analisis diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar (rxy) -0,346 dengan taraf signifkansi 0,001 (p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara kebahagiaan dengan somatisasi pada karyawan bagian pemasaran. Koefisien determinan kebahagiaan terhadap somatisasi sebesar r2 = 0,120. Hal tersebut menunjukkan bahwa faktor kebahagiaan mempengaruhi sebesar 12% terhadap somatisasi, sedangkan 88% dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: somatisasi, kebahagiaan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 11 Nov 2024 05:55
Last Modified: 11 Nov 2024 05:55
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21058

Actions (login required)

View Item
View Item