PENGARUH CURRENT RATIO dan FIXED ASSETS TURNOVER TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) pada KPN “TEGAK” SENTOLO periode 2005 – 2014

Oktitawati, Ita (2016) PENGARUH CURRENT RATIO dan FIXED ASSETS TURNOVER TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) pada KPN “TEGAK” SENTOLO periode 2005 – 2014. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh current ratio dan fixed assets turnover terhadap return on assets (ROA) pada KPN “Tegak” Sentolo periode 2005-2014. Jenis penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari KPN “Tegak” Sentolo. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 16. Analisis data yang digunakan adalah analisis rasio keuangan. Rasio keuangan tersebut terdiri dari rasio likuiditas yang diwakili oleh current ratio, rasio aktivitas diwakili oleh fixed assets turnover dan rasio profitabilitas diwakili oleh return on assets (ROA).
Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan koperasi ini dalam menghasilkan laba dipengaruhi oleh efektivitas pengunaan dana yang tertanam pada harta tetap atau inventaris dan dengan kemampuan koperasi menutupi kewajiban jangka pendeknya. Pada penelitian ini dapat dilihat bahwa ada pengaruh antara current ratio dan fixed assets turnover terhadap return on assets (ROA) baik secara parsial maupun simultan. Hal ini dibuktikan dengan uji t dan uji f. Pada uji t atau pengujian secara parsial diperoleh hasil nilai signifikasi yaitu 0,001 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai t hitung 5,540 lebih besar dari t tabel 1,895 jadi dapat disimpulkan bahwa variabel fixed assets turnover memiliki pengaruh signifikan terhadap risiko return on assets. Pada penelitian ini juga diperoleh hasil bahwa variabel current ratio dan fixed assets turnover secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap return on assets. Hal ini dibuktikan dengan uji f dengan taraf signifikasi dibawah 0,05 atau nilai f hitung 3,571 lebih kecil dari f tabel 4,74.
Sehingga dapat dilihat dari penelitian diatas bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi return on assets adalah variabel fixed assets turnover.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: current ratio, fixed assets turnover, return on assets (ROA)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:35
Last Modified: 24 Aug 2023 07:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21102

Actions (login required)

View Item
View Item