PENGARUH PELATIHAN BERPIKIR POSITIF TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA

Pamungkas, Raden Bagus Wahyu Aji Catur (2012) PENGARUH PELATIHAN BERPIKIR POSITIF TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Naskah Publikasi-Skripsi-Raden Bagus Wahyu Aji Catur Pamungk-digabungkan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pelatihan Berpikir
Positif terhadap Motivasi Berwirausaha pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan
adalah terjadi peningkatan Motivasi Berwirausaha pada subjek yang diberi
Pelatihan Berfikir Positif. Subjek penelitian ini adalah 6 orang mahasiswa
Universitas Mercu Buana aktif dengan kriteria telah mengikuti jenjang perkuliahan
selama minimal dua tahun, yang memiliki skor motivasi berwirausaha sedang.
Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian One Group Pretest-Posttest
Design dengan pengumpulan data Skala Motivasi Berwirausaha menggunakan
metode Likert (Methods of Summated Rating). Analisis data menggunakan Wilcoxon
Signed Ranks Test. Hasil yang diperoleh dari selisih skor pretest dan posttest pada
kelompok eksperimen menunjukkan nilai (Z) sebesar –1,089 (p>0,05). Hasil analisis
tersebut menunjukkan bahwa rata-rata skor motivasi berwirausaha antara pretest
dan posttest tidak mengalami perbedaan signifikan. Hal tersebut membuktikan
bahwa pada penelitian ini Pelatihan Berpikir Positif tidak berpengaruh terhadap
Motivasi Berwirausaha

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi berwirausaha, pelatihan berpikir positif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:33
Last Modified: 11 Nov 2024 07:33
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21124

Actions (login required)

View Item
View Item