EFEKTIVITAS PEMBERIAN INFORMASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KESADARAN ORANG TUA TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Kustianawati, Ety (2009) EFEKTIVITAS PEMBERIAN INFORMASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KESADARAN ORANG TUA TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
ETY KUSTIANAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian
informasi pendidikan anak usia dini (PAUD) melalui media audio visual
terhadap peningkatan kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan anak
usia dini (PAUD). Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah orangtua
yang mendapatkan informasi tentang pendidikan anak usia dini (PAUD)
melalui media audio visual memiliki peningkatan kesadaran yang lebih tinggi
dari pada orangtua yang tidak mendapatkan informasi pendidikan anak usia
dini (PAUD) melalui media audio visual. Penelitian ini dilakukan pada 30
orang ibu-ibu yang memiliki anak usia 0-6 tahun di Desa Palihan, Kecamatan
Temon, Kabupaten Kulonprogo. Data peneltian ini diungkap dengan
menggunakan skala kesadaran. Analisis yang digunakan untuk mengkaji
efektivitas pemberian informasi pendidikan anak usia dini (PAUD) melalui
media audio visual terhadap peningkatan kesadaran orang tua tentang
pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah dengan menggunakan
tes U-Mann Whitney. Hasil yang diperoleh dari hasil analisis data uji t yaitu
selisih skor posttest - pretest kesadaran antara kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol adalah -4,340 (p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan peningkatan kesadaran orang tua tentang pentingnya
pendidikan anak usia dini (PAUD) antara kelompok eksperimen (yang
mendapat perlakuan) dengan kelompok kontrol (yang tidak mendapat
perlakuan). Kelompok eksperimen mempunyai peningkatan kesadaran dari
18,63 dari hasil nilai rerata pretest dan hasil nilai rerata posttest meningkat
menjadi 22,43. Sedangkan pada subjek kelompok kontrol nilai rerata pretest
menunjukkan hasil 12,37 dan hasil posttest subjek kelompok kontrol
menunjukkan nilai rerata sebesar 8,57. Dengan demikian hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemberian informasi pendidikan anak usia dini (PAUD), kesadaran orangtua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:55
Last Modified: 11 Nov 2024 07:55
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21134

Actions (login required)

View Item
View Item