Sarafiyah, Afis (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA P.O SUMBER ALAM. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Abstrak.rtf
Download (41kB)
Afis Sarafiyah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara
persepsi terhadap kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada P.O
Sumber Alam. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan
positif antara persepsi terhadap kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen
P.O Sumber Alam. Penelitian dilakukan pada 80 orang konsumen P.O Sumber
Alam di Kutoarjo dengan menggunakan skala likert. Adapun karakteristik subjek
yakni : orang-orang yang sudah menggunakan jasa sumber alam minimal satu
kali dan subjek berusia 20-40 tahun. Data penelitian diungkap dengan Skala
Kepuasan Konsumen dan Skala Persepsi Terhadap Kualitas Pelayanan. Analisis
data dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson.
Berdasarkan analisis data diperoleh koefisien (rxy) sebesar 0,761 (p < 0,01),
sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa
ada hubungan positif antara persepsi terhadap kualitas pelayanan dengan
kepuasan konsumen. Semakin tinggi persepsi terhadap kualitas pelayanan, maka
semakin tinggi kepuasan konsumen. Sebaliknya, semakin rendah persepsi
terhadap kualitas pelayanan, maka semakin rendah kepuasan konsumen.
Sumbangan persepsi terhadap kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen
sebesar 57,9 % berarti 42,1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilibatkan
dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 01:41 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 01:41 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21162 |