EFEKTIVITAS PELATIHAN KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KOHESIVITAS KELOMPOK PADA REMAJA

WIHANDARTO, OKI (2010) EFEKTIVITAS PELATIHAN KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KOHESIVITAS KELOMPOK PADA REMAJA. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.doc

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kohesivitas kelompok pada kelompok organisasi siswa di sekolah melalui Pelatihan Komunikasi Efektif. Hipotesis yang diajukan adalah siswa yang berkecimpung di organisasi sekolah setelah mengikuti Pelatihan Komunikasi Efektif mempunyai Kohesivitas Kelompok yang lebih tinggi dibanding sebelum mengikuti Pelatihan Komunikasi Efektif. Subjek penelitian adalah siswa-siswi yang bergabung di Organisasi Sekolah SMA Negeri 1 Samigaluh Yogyakarta yang berjumlah 49 orang. Data dikumpulkan menggunakan skala Kohesivitas Kelompok. Hasil analisis menggunakan uji parametrik Paired Sample t-Ttest menujukkan nilai t sebesar -9,372 dengan p=0,00 (atau p<0,05). Hal tersebut mengindikasikan adanya perbedaan kohesivitas kelompok yang signifikan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Hal tersebut dapat dilihat dari skor sebelum mengikuti pelatihan sebesar 121,38 dengan skor setelah mengikuti pelatihan dengan skor 154,08. Dengan demikian kohesivitas kelompok pada siswa setelah mengikuti Pelatihan Komunikasi Efektif lebih tinggi dibandingkan sebelum mengikuti Pelatihan Komunikasi Efektif, dengan begitu hipotesis diterima.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 12 Nov 2024 03:07
Last Modified: 12 Nov 2024 03:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21179

Actions (login required)

View Item
View Item