PERANAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA, PERSEPSI TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA, DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Jumadi, Jumadi (2010) PERANAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA, PERSEPSI TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA, DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
Tesis PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peranan motivasi belajar
matematika terhadap prestasi belajar matematika. 2) Peranan persepsi pada
pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika. 3) Peranan tingkat
pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. 4) Peranan motivasi
belajar matematika, persepsi terhadap pelajaran matematika, dan tingkat
pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika.
Dalam penelitian ini hipotesis yang diajukan adalah: 1) Ada hubungan
positif motivasi belajar matematika dengan prestasi belajar matematika. 2) Ada
hubungan positif persepsi terhadap pelajaran matematika dengan prestasi belajar
matematika. 3) Ada hubungan positif tingkat pendidikan ayah dengan prestasi
belajar matematika.4) Ada hubungan positif tingkat pendidikan ibu dengan
prestasi belajar matematika. 5) Ada peranan motivasi belajar matematika, persepsi
terhadap pelajaran matematika, dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi
belajar matematika.
Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang siswa kelas X dan XI SMAN
2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode skala,
dokumentasi, dan identitas. Skala yang dipergunakan adalah Skala Motivasi
Belajar Matematika dan Skala Persepsi terhadap Pelajaran Matematika. Analisis
data dilakukan dengan metode regresi linier berganda dan metode korelasi
product moment.
Dari analisis korelasi yang dilakukan diketahui ada hubungan positif dan
signifikan antara motivasi belajar matematika dengan prestasi belajar matematika,
ada hubungan positif dan signifikan persepsi terhadap pelajaran matematika
dengan prestasi belajar matematika, tidak ada hubungan positif dan signifikan
antara tingkat pendidikan ayah dengan prestasi belajar matematika, dan tidak ada
hubungan positif dan signifikan antara tingkat pendidikan ibu dengan prestasi
belajar matematika. Dari hasil uji regresi linier berganda diketahui secara
bersama-sama ada peranan motivasi belajar matematika, persepsi terhadap
pelajaran matematika, dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar
matematika. Hal ini diketahui dari hasil uji F yang signifikan pada α = 0,05.
Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,162 artinya besarnya sumbangan
efektif variabel motivasi belajar matematika, persepsi terhadap pelajaran
matematika dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika
siswa adalah 16,2%, sedangkan sisanya sebesar 83,8% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Motivasi Belajar Matematika, Persepsi terhadap Pelajaran Matematika, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Prestasi belajar Matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:15
Last Modified: 12 Nov 2024 04:15
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21201

Actions (login required)

View Item
View Item