EFEKTIVITAS MENONTON FILM BERTEMA MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA AWAL

Wulandari, Citra Resmi (2010) EFEKTIVITAS MENONTON FILM BERTEMA MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA AWAL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
HALAMAN DEPAN-digabungkan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas menonton film
bertema motivasi dalam meningkatkan kepercayaan diri pada remaja awal. Hipotesis
yang diajukan adalah Remaja awal yang mendapatkan penyajian film bertema
motivasi mengalami peningkatan kepercayaan diri (kelompok eksperimen) yang lebih
tinggi dari pada remaja yang tidak mendapat penyajian film bertema motivasi
(kelompok kontrol). Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Pre test Post test Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan
Skala Kepercayaan Diri. Analisis data menggunakan teknik independent sample t -
test . Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kepercayaan
diri antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dengan koefisien
perbedaan sebesar 8,048 dengan p < 0,05. Rata-rata peningkatan kepercayaan diri
pada kelompok eksperimen = 19,07 dan rata-rata peningkatan kepercayaan diri pada
kelompok kontrol = 1,93. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan peningkatan kepercayaan diri antara kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan kepercayaan diri lebih tinggi
dibandingkan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Menonton Film Bertema Motivasi, Kepercayaan Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 12 Nov 2024 06:36
Last Modified: 12 Nov 2024 06:36
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21222

Actions (login required)

View Item
View Item