Andriani, Yuliana (2011) Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan di Perpustakaan UMBY. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
SKRIPSI Yuliana Andriani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas
pelayanan di perpustakaan UMBY dan mengetahui strategi pelayanan yang perlu diterapkan
agar dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa, di sini dimensi kualitas yang diteliti meliputi
Kehandalan (Reliability), Daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance), Empati dan
wujud fisik ( Tangible) yang terdapat di UPT Perpustakaan UMB Yogyakarta.
Penelitian menggunakan pendekatan analisis deskriptif, Metode penelitian yang dipakai
adalah metode survey. Data primer dikumpulkan dengan melakukan penyebaran kuesioner.
Teknik pengumpulan data survei lapangan dan survei kepustakaan. Metode analisa yang dipakai
adalah mean arithmatic dan diagram kartesius sebagai hasil akhir.
Hasil Penelitian menunjukkan rata-rata kinerja secara keseluruhan 3,5925 artinya kualitas
pelayanan yang diberikan UPT Perpustakan terhadap mahasiswa termasuk dalam kategori baik
dan tingkat kepuasan mahasiswa termasuk dalam kategori memuaskan dan rata-rata harapan
4,3545 , artinya sangat penting bagi mahasiswa kualitas pelayan di UPT perpustakaan UMBY
dan dianggap sangat memuaskan, di sini terdapat perbedaan 0,762 artinya kinerja yang ada
belum mencapai harapan yang diinginkan, sehingga tingkat kepuasan mahasiswa belum
maksimal, hal ini dikarenakan harapan yang ada lebih besar daripada kinerja perpustakaan
Universitas Mercu Buana Yogyakarta, sehingga perlu adanya peningkatan kinerja untuk
mencapai tingkat kepuasan mahasiswa. Strategi yang dilakukan peningkatan kinerja yang lebih
baik pada UPT Perpustakaan UMBY, baik pemingkatan SDM, misalnya dengan penambahan
pelatihan, koleksi buku, penataan, infrastruktur, peningkatan pelayanan, perbaikan fasilitas. agar
kepuasan mahasiswa dapat dicapai, selain itu untuk komponen yang dianggap tidak perlu,
sebaiknya tidak dijadikan fokus utama meningkatkan pelayanan di UPT UMBY.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Tingkat kepuasan, Kualitas Pelayanan, Perpustakaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 02:40 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:40 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21280 |