PENGARUH PENYAJIAN MUSIK MOZART TERHADAP KEMAMPUAN PENGENDALIAN EMOSI PADA ANAK AUTIS

Anggraini, Masita (2010) PENGARUH PENYAJIAN MUSIK MOZART TERHADAP KEMAMPUAN PENGENDALIAN EMOSI PADA ANAK AUTIS. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Masita Anggraini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyajian
musik Mozart terhadap kemampuan pengendalian emosi pada anak autis. Hipotesis
yang diajukan adalah adanya peningkatan kemampuan pengendalian emosi pada anak
autis setelah diberikan perlakuan berupa mendengarkan musik Mozart. Subjek dalam
penelitian ini terdiri dari 3 anak dengan gangguan autisme, berusia 9 tahun. Design
yang digunakan adalah single case experiental design dengan model A-B, A
mewakili fase baseline, sementara B mewakili fase perlakuan. Pengukuran
kemampuan pengendalian emosi dengan menggunakan behavior checklist pada
masing-masing fase dilakukan pengukuran sebanyak 3 kali. Hasil analisis secara
kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan profil subjek menunjukkan
adanya peningkatan kemampuan pengendalian emosi pada subjek setelah diberikan
perlakuan berupa mendengarkan musik Mozart. Atas dasar hasil analisi tersebut
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Musik Mozart, Pengendalian Emosi, Autisme
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 13 Nov 2024 05:34
Last Modified: 13 Nov 2024 05:34
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21322

Actions (login required)

View Item
View Item