EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Umaningsih, Nuhoni (2008) EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.doc

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pemberian Reward Edukatif Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Pada Anak Sekolah Dasar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah siswa yang diberi perlakuan dengan metode pemberian reward mempunyai tingkat motivasi berprestasi lebih tinggi dibanding siswa yang tidak diberi perlakuan dengan metode pemberian reward. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang berjumlah 30 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Skala Motivasi Berprestasi dan observasi. Hasil analisis penelitian ini menggunakan uji parametrik Independent Sample T-Test menunjukkan nilai t sebesar 6,435 (p<0,01) Hal tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi berprestasi pada siswa yang diberi perlakuan dengan metode pemberian reward edukatif dengan siswa yang tidak diberi perlakuan dengan metode pemberian reward edukatif, dengan demikian maka hipotesis yang diajukan diterima. Hipotesis yang diterima juga menunjukkan bahwa pemberian reward edukatif efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 13 Nov 2024 06:56
Last Modified: 13 Nov 2024 06:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21338

Actions (login required)

View Item
View Item