PENGARUH PENYAJIAN FILM ANIMASI BERTEMA PERSAHABATAN TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA AWAL

ANGGRAENI, DIAN (2009) PENGARUH PENYAJIAN FILM ANIMASI BERTEMA PERSAHABATAN TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA AWAL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.DOC

Download (24kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
Bab I.doc

Download (68kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.doc

Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.doc

Download (38kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
Hal pengesahan-ucapan trmksh-digabungkan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas pelatihan komunikasi
efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri. Hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini bahwa pelatihan komunikasi efektif dapat efektif untuk
meningkatkan kepercayaan diri. Siswi yang mengikuti pelatihan komunikasi
efektif (kelompok eksperimen) memiliki kepercayaan diri lebih tinggi,
dibandingkan siswi yang tidak mengikuti pelatihan komunikasi efektif (kelompok
kontrol).
Subjek penelitian ini sebanyak 30 orang Siswi SMKN 1 Sewon Bantul
yang memiliki kepercayaan diri kategori sedang. Rancangan eksperimen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest Posttest Control Group Design.
Subjek dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (KE) dan
kelompok kontrol (KK) dengan cara random assignment. Kelompok eksperimen
mendapat perlakuan berupa pelatihan Komunikasi Efektif , sedangkan kelompok
Kontrol tidak mendapatkan perlakuan berupa pelatihan Komunikasi Efektif.
Kepercayaan Diri dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan skala
Kepercayaan Diri.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik Uji T yaitu
Independent Sample T-test . Hasil uji hipotesis selisih nilai (gained score)pretest
posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan nilai t
=6,422 (p < 0.05). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa
pelatihan komunikasi efektif dinyatakan efektif untuk meningkatkan kepercayaan
diri. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan kepercayaan diri lebih tinggi
(mean = 7,00) dibanding kelompok kontrol yang tidak mendapatkan pelatihan
komunikasi efektif ( mean= -6,33). Hal tersebut membuktikan bahwa subjek yang
mendapat perlakuan berupa pelatihan komunikasi efektif memiliki kepercayaan
diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan subjek yang tidak mendapat perlakuan
berupa pelatihan komunikasi efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pelatihan Komunikasi efektif, Kepercayaan Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 14 Nov 2024 02:35
Last Modified: 14 Nov 2024 02:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21380

Actions (login required)

View Item
View Item