HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN HARDINESS DENGAN BURNOUT PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK

Khasanah, Ati Yuanida (2009) HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN HARDINESS DENGAN BURNOUT PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Ati Yuanida Fakultas Psikologi (04410102).doc

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian hardiness dengan burnout pada guru taman kanak-kanak. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kepribadian hardiness dengan burnout pada guru taman kanak-kanak. Semakin tinggi kepribadian hardiness maka tingkat burnout individu semakin rendah dan sebaliknya, semakin rendah kepribadian hardiness maka tingkat burnout individu semakin tinggi.
Subjek penelitian ini adalah guru taman kanak-kanak yang berada di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 70 orang. Data penelitian diungkap dengan skala Kepribadian Hardiness dan skala Burnout. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan negatif antara kepribadian hardiness dengan burnout pada guru taman kanak-kanak (rxy: 0,624; p<0,01). Hal ini berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Koefisien determinasi (r2) kepribadian hardiness terhadap burnout sebesar 0,389 artinya kepribadian hardiness dapat meminimalisir timbulnya burnout sebesar 38,9 %. Hal ini berarti masih terdapat 61,6 % variable lain yang dapat mencegah timbulnya burnout pada guru TK yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kepribadian hardiness, burnout
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 14 Nov 2024 06:52
Last Modified: 14 Nov 2024 06:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21430

Actions (login required)

View Item
View Item