EFEKTIVITAS PELATIHAN IMAGERI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGINGAT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Khasanah, Iswatin (2009) EFEKTIVITAS PELATIHAN IMAGERI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGINGAT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
ISWATIN KHASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI 2.doc

Download (142kB)

Abstract

Kemampuan mengingat adalah kapabilitas individu untuk memunculkan
kembali materi yang telah dipelajari. Metode yang dapat diupayakan untuk
meningkatkan kemampuan mengingat adalah pelatihan imageri (Matlin, 1998).
Pelatihan imageri merupakan serangkaian kegiatan yang disusun secara
sistematis untuk diberikan kepada subjek dalam waktu relatif singkat yang
dilakukan secara sadar dan sengaja agar memperoleh kemampuan, ketrampilan,
dan pengetahuan berupa aktivitas membayangkan kembali dalam pikiran
mengenai informasi yang dipelajari dalam bentuk nonverbal (gambar atau benda
konkrit) yang pernah dilihat, dipersepsi, dan telah direkam dalam ingatan. Inti
dalam pelatihan imageri mencakup ketrampilan membentuk gambaran pikiran,
melakukan inspeksi mental, transformasi, dan menggunakan gambaran mental
untuk penggalian fakta dalam ingatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui
efektivitas pelatihan imageri terhadap peningkatan kemampuan mengingat pada
siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama).
Pengukuran dilakukan dengan tes kemampuan mengingat menggunakan
tes tertulis dalam bentuk tes recall. Hasil pengukuran statistik menunjukkan ada
perbedaan yang signifikan antara subjek penelitian yang diberi perlakuan berupa
pelatihan imageri (kelompok eksperimen) dengan subjek penelitian yang tidak
diberi perlakuan berupa pelatihan imageri (kelompok kontrol) dengan taraf
signifikansi sebesar 0,000 (p0,05) dengan koefisien perbedaan sebesar 4,790.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengingat, Pelatihan Imageri, dan Siswa SMP
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 14 Nov 2024 07:38
Last Modified: 14 Nov 2024 07:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21448

Actions (login required)

View Item
View Item