Herawati, Niken (2009) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF PADA ANAK. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
NIKEN HERAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BUAT PENDADARAN.rtf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Perubahan dinamis banyak tercipta di zaman yang modern ini, dan perubahan
tersebut selain bermanfaat juga dapat menimbulkan kesulitan bagi individu,
khususnya anak-anak dalam berinteraksi dengan teman sebayanya, sehingga tak
jarang banyak dijumpai permasalahan sosial pada anak. anak –anak sekarang
mengalami kesulitan mengutarakan pendapatnya, berkomunikasi, anak merasa
takut dan malu untuk mengemukakan pendapat dan bertanya secara terbuka,
cenderung diam dan “duduk manis” daripada berdialog dengan teman ataupun
guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional
terhadap peningkatan perilaku asertif pada anak. Hipotesis yang diajukan adalah
Anak yang diberi perlakuan permainan tradisional memiliki perilaku asertif yang
lebih tinggi daripada anak yang tidak mendapatkan perlakuan Metode penelitian
yang digunakan adalah pretest posttest control group design, dengan kelompok
eksperimen (N=15) dan kelompok kontrol (N=15). Pengukuran perilaku asertif
menggunakan Skala Perilaku Asertif, sedangkan analisis datanya menggunakan
teknik Independent Sample t-test, data yang dianalisis merupakan Gainedscore
KE-KK dengan t = 2,220 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek
yang diberikan permainan tradisional memiliki perilaku asertif yang lebih tinggi
dibandingkan dengan subjek yang tidak mendapatkan permainan tradisional
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Tradisional, Perilaku Asertif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 04:13 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 04:13 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21485 |