HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL SMP DI YOGYAKARTA

Pasaribu, Waldimer (2016) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL SMP DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogykarta.

[thumbnail of TESIS FULLTEKS] Text (TESIS FULLTEKS)
TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.pdf

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dan
berpikir positif dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa SMP di Yogyakarta.
Hipotesis penelitian ini adalah: 1).Ada hubungan negatif antara dukungan sosial orangtua
dengan kecemasan siswa menghadapi ujian nasional SMP di Yogyakarta. 2). Ada hubungan
negatif antara berpikir positif dengan kecemasan siswa menghadapi ujian nasional SMP di
Yogyakarta. 3).Ada hubungan antara dukungan sosial orangtua dan berpikir positif dengan
kecemasan siswa menghadapi ujian nasional SMP di Yogyakarta. Metode pengumpulan data
penelitian dengan menggunakan skala dukungan sosial orangtua, skala berpikir positif dan
skala kecemasan menghadapi ujian nasional. Sampel penelitian ini sebanyak 55 siswa dengan
tehnik probability sampling, secara khusus dengan cara klaster (cluster random sampling).
Teknik analisa data menggunakan analisis product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara dukungan sosial orangtua dengan
kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa SMP di Yogyakarta, dengan nilai koefisien
korelasi sebesar -0,534 dan p sebesar 0,000 (p<0,05); ada hubungan negatif antara berpikir
positif dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa SMP di Yogyakarta, dengan
nilai koefisien korelasi sebesar -0,579 dan p sebesar 0,000 (p<0,05); ada hubungan antara
dukungan sosial orangtua dan berpikir positif secara bersama-sama dengan kecemasan
menghadapi ujian nasional pada siswa SMP di Yogyakarta dengan R square 0,384 atau 38,4%,
artinya bahwa 38,4% variabel kecemasan menghadapi ujian nasional dijelaskan oleh dukungan
sosial orangtua dan berpikir positif, sedangkan sisanya sebesar 61,6% dijelaskan oleh variabel
lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial orangtua, berpikir positif, kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 15 Nov 2024 05:33
Last Modified: 15 Nov 2024 05:33
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21493

Actions (login required)

View Item
View Item